15 Tempat Wisata di Samosir yang Cocok Untuk Berlibur & Healing

15 Tempat Wisata di Samosir yang Cocok Untuk Berlibur & Healing, no 15 cocok untuk Petualang Sejati

pulo samosir do haroroanku samosir do
ido asalhu sai tong ingotonhu
saleleng ngolungku hupuji ho

Itu adalah kutipan lagu yang berjudul “Pulo Samosir” ciptaan Nahum Situmorang. Ya, Pulo Samosir atau Pulau Samosir adalah pulau di atas pulau Sumatera tepatnya di Sumatera Utara, pulau ini dikelilingi oleh Danau Toba (danau vulkanik terbesar di dunia). Samosir adalah pulau yang sangat indah bahkan tidak sedikit orang menyebutnya dengan “Kepingan Surga”. Samosir menjadi salah satu destinasi terbaik untuk menikmati keindahan alam Danau Toba, merasakan suasana alogo toba yang sangat sejuk, dan juga menjelajahi tempat-tempat menarik lainnya yang ada disana. Selain tempat wisata, di Samosir juga kita bisa menikmati kebudayaan dan juga adat istiadat yang masih terjaga hingga saat ini.

Ada tiga rute perjalanan yang bisa dilalui menuju Samosir jika startnya dari Medan yakni dari Tele (jalur darat), Parapat dan Tigaras (nyeberang via kapal). Ada juga rute lain tetapi tidak bisa dilalui menggunakan mobil. Rute Tele (darat) yaitu Medan – Brastagi – Sumbul – Tele – Pangururan (ibukota Kab. Samosir). Bila dari Jalur rute Parapat yaitu Medan – Tebing Tinggi – Siantar – Parapat (naik Kapal) – Tomok. Adapun rute dari Tigaras yaitu Medan – Tebing Tinggi – Siantar – Sidamanik – Tigaras (naik kapal) – Simanindo

Samosir punya sejumlah tempat wisata alam menarik, selain Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, terdapat banyak tempat menarik lainnya yang sangat cocok untuk dikunjungi untuk berlibur ataupun healing.

Nah buat yang penasaran, berikut beberapa destinasi yang dapat dikunjungi di Pulau Samosir.

1. Tomok

gambar tomok
Kapal ferry Tomok – Parapat membawa sejumlah kendaaraan bermotor dan penumpang.

Tomok adalah salah satu tempat menarik di kabupaten Samosir yang terletak di pinggir danau toba. Disana ada sigale-gale dimana sigale-gale adalah patung yang bisa menortor (menari) tentu ada yang menggerakkan. Selain sigale-gale ada juga makam Raja Sidabutar, Museum Batak Tomok. Nah buat yang mau hunting souvenir di sinilah tempatnya. Di kawasan ini berjejer puluhan penjual souvenir khas Samosir untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

2. Tuktuk

gambar tuktuk
Gambar Tuktuk – Samosir (sumber gambar dari pinterest)

Tempat ini banyak dikunjungi turis lokal maupun asing. Dari atas bukit, Anda bisa melihat cukup luas ke arah tepi Danau Toba sekitar Tuk-tuk. Di sisi yang lain, terhampar pemandangan lahan persawahan warga yang sangat eksotis untuk diabadikan. Dari atas bukit ini juga, jika Anda beruntung, Anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup jelas akan Air Terjun Cinta yang terlempar dari Gunung Toba. Selain itu Tuktuk juga dikenal dengan pertunjukan budaya Bataknya.

3. Huta Siallagan

Gambar Huta Siallagan (sumber gambar dari tempo.co)

Sebuah desa kuno yang memancarkan budaya unik dari kelompok etnis Batak. Bagai dibawa ke masa silam, wisatawan disuguhi pemukiman dengan tembok batu setinggi 1,5 sampai 2 meter. Rumah-rumah tradisional hingga kini masih berdiri dan terawat dengan baik disini.

4. Pantai Batu Hoda

Gambar Pantai Batu Hoda Simanindo – Samosir

Pantai Batu hoda ini tepatnya berada di Dusun Malau, Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo. Estmasi waktu tempuh dari Tomok ke lokasi ini sekitar 30 menit yang berlokasi di antara jalan dari tomok ke pangururan. Bagi kamu yang selalu update dan hits di berbagai perjalanan wisata, lokasi ini sepertinya harus kamu kunjungin. Ada pantai yang indah dengan pasirnya yang putih, spot foto yang hits dan juga suasana alogo toba yang nyaman

5. Pantai Pasir Putih Parbaba

Salah satu spot foto di Pantai Pasir Putih Parbaba, Simanindo – Samosir

Pantai pasir putih yang ini sudah dikelola cukup baik oleh pemerintah setempat dan juga warganya. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata yang satu ini. Selain belanja souvenir, menikmati keindahan alam Danau Toba sambil menikmati alogo toba bersama teman dan keluarga, kamu juga bisa menikmati wahana permainan seperti banana boat dan aktivitas air lainnya disini.

6. Pulau Malau / Pulau Tao

Gambar Pulau Tao nampak dari jauh ketika menyeberang via kapal ferry Simanindo – Tigaras

Pulao Malau adalah sebuah pulau yang amat kecil yang terletak sangat dekat dengan pulau Samosir. Pulau Malau yang sering juga disebut sebagai Pulau Tao, terletak di Kecamatan Simanindo, jaraknya kira-kira 10 menit dengan kapal dari Kota Simanindo di Pulau Samosir.

7. Danau Sidohoni

Gambar Danau Sidihoni dan juga padang rumput hijau di sekitaran Danau

Dari Pangururan, ibukota Samosir, danau ini berjarak kurang lebih 8 kilometer, atau sekitar 30 menit perjalanan dengan motor. Sudah sejak lama Danau Sidihoni diperkenalkan ke publik sebagai salah satu tourism spot di Samosir. Namun hingga kini, pengembangan objek wisata ini dianggap belum maksimal.

8. Permandian Aek Rangat / Hotspring Pangururan

Salah satu tempat permandian air belerang di Aek Rangat / Hotspring

Permandian air panas belerang Aek Rangat Pangururan terletak dibawah kaki gunung Pusuk Buhit. Akses menuju tempat ini sangatlah mudah. Dari kota Pangururan hanya menempuh sekitar 20 menit menggunakan kendaraan bermotor. Disepanjang jalan akan disuguhi pemandangan danau toba dan samosir yang sangat indah

9. Pulau Tulas

Gambar pulau Tulas, sangat cocok dijadikan tempat berfoto.

Pulau Tulas terletak di Hasinggahan dan masih dekat dari Hotspring hanya berjarak 3 km. Pulau kecil ini masih perawan dan belum dihuni manusia.

10. Tano Ponggol

Taman Tano Ponggol, cocok dijadikan tempat jogging dan foto

Dulunya pulau Samosir terhubung dengan dengan daratan diluar kawasan danau Toba sehinggga dulu tidak ada istilah pulau Samosir, yang ada hanya Samosir. Pada masa penjajahan Belanda di Indonesia khususnya di Samosir, dibuatlah kerja paksa (rodi) untuk membuat terusan sepanjang 1,5 km dari Huta Parik ke Tanjung bunga dengan tujuan memisahkan samosir dari daratan diluar danau Toba sehingga Samosir menjadi pulau Samosir. Dan terusan itu disebut sebagai “Tano Ponggol” yang artinya tanah yang dipisahkan.

11. Sibea-bea

Foto pembangunan patung Yesus di Sibea-bea

Tempat Wisata yang sangat viral dan kekinian pada saat ini patut untuk dikunjungi. Keindahan alam danau Toba sangat menarik dari tempat ini. Selain danau Toba terdapat patung Yesus (saat ini masih proses pembangunan) yang konon katanya akan menjadi Patung Yesus tertinggi di dunia.
Dari Kota Pangururan hanya menempuh waktu sekitar 30 menit menggunakan motor atapun mobil ke tempat ini dengan rute Tano Ponggol – Tanjung Bunga – Harian Boho

12. Bukut Holbung

Foto bukit Holbung yang mirip wallpaper windows xp

Bukit Holbung terletak di Harian dan masih sejajaran dengan Sibea-bea dengan menempuh waktuk sekitar 15 menit. Tempat ini merupakan bukit rumput yang mirip dengan bukit rumput di serial kartun anak-anak Teletubies, maka tak jarang tempat ini disebut juga bukit teletabies ala samosir. Bukit ini memiliki tinggkatan hingga sembilan bukit. Jika anda bisa sampai ke tingkat sembilan maka anda akan disuguhkan air terjun dan cocok dijadikan tempat ngecamp.

13. Air Tejun Efrata

gambar air terjun efrata
Foto Air terjun Efrata

Tempat ini juga cocok jadi tempat persinggahan setelah dari Sibea-bea ataupun dari Bukit Holbung, karena masih berdekatan. Bagi penduduk lokal mungkin mendengar namanya cukup asing sebab sebelumnya air terjun ini bernama Air Terjun Sosor Dolok, sehingga apabila Anda ingin menanyakan lokasi air terjun ini, sebut saja Air Terjun Sosor Dolok. Dari lokasi parkiran, para pengunjung sudah bisa melihat keindahan Air Terjun Efrata yang airnya mengalir panjang menuruni bukit – bukit. Dari parkiran ke air terjun hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki. Hijaunya area perbukitan menjadi sajian pertama saat pengunjung berwisata ke Air Terjun Efrata.

14. Penatapan Tele

gambar penatapan tele
Menara Pandang Tele yang terletak di sisi jalan Tele – Harian

Tidak jauh dari air terjun Efrata atau sekitar 15 menit anda dapat mengunjungi Menara Pandang Tele. Lokasi Menara Pandang Tele berada di sisi jalan lintas Tele – Harian sehingga sangat mudah dijangkau. Menara ini merupakan lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Sebagai bangunan tertinggi di Samosir, pengunjung dapat melihat keelokan Toba dari sisi yang berbeda.

15. Batu Marompa

Foto seorang petualang sedang berfose di Batu Marompa

Batu Marompa merupakan batu yang bertimpah tindih di atas bukit desa Tamba, kecamatan Sitio-tio. Akses ke Batu Marompa lumayan sulit karena belum ada jalan umum, hanya jalan setapak. Dari parkiran ke Batu Marompa harus menjalani jalan semak, ladang, bukit mendaki sekitar 1 jam perjalan. Jika mau ke tempat ini, usahakan membawa air minum banyak karena di tempat tersebut tidak ada warung penjual minuman, dan tidak membawa barang banyak untuk mengurangi beban mendaki. Pengalaman penulis sendiri pernah hampir menyerah untuk tidak melanjutkan pendakian karena tidak membawa air minum yang cukup *:lol: Tetapi karena niat yang menggebu-gebu demi mendapatkan pemandangan yang menakjubkan penulis tetap melanjutkan. Namun semua terbayar lunas setelah sampai di Batu Marompa, semua rasa sesak, capek, haus hilang seketika ketika melihat hal yang sangat menakjubkan. Ciptaan Tuhan memang sungguh sangat indah, alangkah baiknya jika manusia tetap bisa menjaga kelestarian bumi ini.

Itulah 15 tempat wisata di Samosir yang sayang dilewatkan bila berkunjung ke Samosir negeri indah kepingan surga. Tempat yang tidak akan bosan dikunjungi karena keindahan alamnya dan juga orang-orangnya yang sangat ramah.

Penulis akan membahas setiap tempat di atas secara detail di postingan selanjutnya, jangan lupa untuk subscribe alogotoba.com untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Horas!!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *